Monday, July 24, 2017

Apprentice PT Dynapack asia Indonesia journey

Selamat Malam, Pagi dan Sore bagi temen temen setanah air dan sebangsaku,
kali ini aku mau sharing mengenai perjalanan aku selama berkarya di PT Dynapackasia selaku MT 2016. Untuk kelanjutannya di blog aku selanjutnya ya

Awal mulanya, aku tahu PT Dynapackasia dari seorang temen aku yang gak kalah ganteng dari orang korea (Mr Jackson) haha. Awalnya si aku belum niat buat lamaran karena lagi pusing dengan pekerjaan yang menumpuk  (Saat itu aku masih kerja di salah satu perusahaan makanan terbesar di dunia eleee), namun karena perasaan ingin mendapatkan pekerjaan baru semakin bergejolak, akhirnya dibuatlah surat lamaran beserta apa apa saja yang diminta. Singkat cerita, aku dipanggil buat Psikotest di Jakarta. Sebelumnya aku ingin menjelaskan terlebih dahulu, Industri seperti apa si yang sedang kita bicarakan

Lets we introduce our company,
PT Dynapackasia adalah sebuah grup dari sekitar 15 plant di Indonesia dan  beberapa di luar negeri (Cina, Vietnam, Thailand, Malasya) yang bergerak di bidang rigid packaging. PT Dynapackasia terdiri dari dynaplast, rapidplast, dan sanpak unggul (Indonesia). Apa itu rigid packaging? coba cek botol sampoo kalian, botol sabun, botol minum hhe, itu rigid packaging semua.
kira kira itulah pekerjaan plant PT Dynapackasia (memproduksi botol, kotak makan, tutup botol dan sejenisnya). Andai kalian tahu, setelah training di PT Dynapacksia, aku mulai jadi orang cacat kalo lagi makan atau di supermarket, ngeliatin botol ampe detil banget mulai dari gimana cara buatnya, produk Dynapackasia (DP) apa bukan sampe cari bandingannya sama kompetitor dan mesti kalian tahu bahwa proses pembuatan botol yang habis pake biasanya kita buang itu susah banget looohhh hhaa. sekian curhatnya, Kita lanjut yuk

Seperti Psikotest pada umumnya, psikotest di PT Dynapackasia juga sama. angka, deret, menggambar pohon, menggambar orang. kalo disini kuncinya banyak latihan aja, doa dan tenang. Usahakan sarapan karena psikotes ini akan membutuhkan energi untuk fokus dalam jangka waktu yang lama.

Setelah Psikotest, tes selanjutnya adalah FGD, Forum Group Discussion ini sudah banyak dipakai oleh perusahaan perusahaan untuk melihat potensi calon karyawannya dalam lingkungan yang telah dibuat. Bagaimana sikap dan kemampuannya dalam menjawab dan menghadapi masalah yang diberikan.
Dalam FGD akan dibuat menjadi beberapa kelompok kecil dengan satu masalah yang akan diselesaikan bersama. Ingat loh ya bersama, bukan seenak ucapan atau pendapatmu. Intinya, di FGD ini, tatapan, sikap, cara duduk, mimik wajah, suara dan sebagainya itu akan menjadi nilai buat kalian so keep your attitude yaa.
Tips dari aku ya, perhatiin grup diskusinya, kamu termasuk dalam grup yang aktif atau pasif. Kalo rata rata orang nya  pada pasif ya kamu take action deh, jadi moderator , nilai positif buat kamu, karna perusahaan akan menilai kamu sebagai orang yang inisiatif nahh gimana kalo situasinya aktif banget. nah ini mesti pinter pinter cari peluang ngomong guys. kebanyakan ngomong juga ga bagus karena kamu akan terkesan egois dan gak mampu bekerja sama, selama diskusi, ada baiknya kamu menjadi pendengar yang baik namun tetep harus ngomongin pendapat ya sekali dua kali tapi kamu harus pastikan kalo pendapat kamu itu mempesona dan membuat orang tergiring untuk menggunakan opini kamu.

Nah setelah FGD, ada tes bahasa inggris (grammar sejenis TOEFL Sederhana ya isinya kalimat aktif dan passive, tenses), insyallah bisa kok kalian latihan terus TOEFL nya, selanjutnya ada interview sebatas CV ya, mengenai kegiatan apa aja di kampus, kelebihan dan kekurangan, nah untuk interview ini, tipsnya hanya satu tenang dan jujur. Jadilah diri anda sendiri tanpa menutupi kebohongan. Karena ketika kita jujur pada diri kita sendiri, maka energi postif akan keluar dan percaya atau enggak itu akan mempengaruhi hasil interview. Gunakan bahasa dan sifat yang santun. Satu lagi yaa jangan baper, jangan ceritakan masalah pribadi terlalu panjang (cukup yang ditanya aja). Harus kontrol emosi walaupun pertanyaan mereka akan menyayat hati (pengalaman si pertanyaan paling menyayat hati : Apa yang pernah membuat kamu down? ) plis, jangan Baper. stay cool, jawab dengan senyum dan tenang. Udah itu aja.

Nah setelah Interview ini, aku mesti nunggu beberapa minggu untuk dipanggil lagi jika aku lulus and then, last test, interview dengan petinggi petinggi PT Dynapackasia, Interviewnya gak terlalu teknis dan gak terlalu umum si. Si Bapak bertanya mengenai, aku adallah pekerja dengan tipikal seperti apa, jika situasi mengharuskan aku seperti ini itu, bagaimana tindakanmu, apakah siap jika nanti ditempatkan di plant luar negeri, dan sejenisnya. Ya intinya sama si kalo semua interview. Tenang dan jujur. Karena hasil dari interview itu bukan menandakan kita bagus atau jelek tapi menandakan cocok atau tidak. kalo kita bohong dan terpaksa cocok ya, akibatnya akan fatal pada karir.

1 comments:

  1. Apakah rekrutmentnya dari psikotes hingga wawancara akhir memakai B.Inggris?

    ReplyDelete

 

Oktarinamdp Template by Ipietoon Cute Blog Design