Friday, October 16, 2020

SKIN ADVENTURE : DARI BRUNTUSAN, JERAWATAN SAMPAI DEHIDRASI KULIT

Hello,
Welcomeback to my paper channel !!

Latest 2018, aku buat blog mengenai perjalanan bruntusan dan jerawat, sekarang sudah 2020 saja. So, kita lanjut ya semoga teman-teman yang sedang berjuang pun bisa mengambil manfaat dari blog aku. I feel you guys, aku pernah berada di posisi stress banget menghadapi jerawat sampe aku ga punya kaca karena merasa sangat insecure. Semoga blog aku bisa membantu kalian semua, stay positif. Afirmasi diri, kamu bisa :)

Sebelumnya, aku mau kasih pict aku 2018 setelah menggunakan benzolac dan pict aku sekarang (2020)



Seperti yang aku informasikan di blog part 1, setelah menggunakan benzolac, bruntusan aku tuh mengering tapi meninggalkan bekas noda hitam, lantas bermunculan jerawat di jidat dan di pipi kanan kiri yang tidak membuatku semakin baik. Honestly, pasrah ya kayak udah capek dan semakin capek karena semua teman/keluarga yang lama tidak bertemu, selalu nanya, "kok jerawatan sekarang? kok mukanya jadi begitu?" Haloo !!
Ingat ya guys satu hal, jika kalian bertemu kembali dengan orang yang lama tak berjumpa dengan kalian dan kondisinya tidak lebih baik dari dulu, plis jangan pernah kasih pertanyaan demikian, cuitan kalian bisa membuat sebagian orang semakin terpuruk, jika kalian perhatian ya bisa bertanya dengan kalimat dan nada yang pantas, dan yang terpenting tidak di depan banyak orang.

Ok Next, entah kemarin itu saking kesalnya dan capeknya menghadapi situasi sulit ini, aku membuang semua skin care kemarin yang di part 1 padahal harganya lumayan si, tapi kadang ya cewek itu otaknya ga jalan kalo dikuasai emosi. Aku memutuskan untuk tidak menggunakan apapun , intinya aku mengistirahatkan sejenak kulitku, mentalku dan dompetku dari segala jenis skincare tapi aku mengalihkan uang skin careku ke makanan dan buah-buahan. Aku mulai mencoba untuk mulai mengganti nasi putih ke nasih merah/hitam, perbanyak sayuran, buah buahan, menghindari susu, tidur jam 9 paling lama (sebelum tidur wudu), olahraga intinya keringetan dan kalo bangun mengucapkan rasa syukur sambil pegang kulit wajah (additional tiap pagi aku pake masker buah blender sendiri apa aja yang ada, hari ini tomat, besok timun, besoknya lagi alpukat, apa aja yang ada) hal ini rutin aku lakukan lebih kurang 1 bulan walaupun sering cheating juga hhe tapi alhamdulilah perubahannya sangat baik untuk noda hitam dan jerawat, dari situ aku mulai mencoba satu persatu skincare lagi. Skincare yang menurutku wajib dan pertama kali aku beli lagi adalah first dan second cleanser.
First Cleanser : Micellar water garnier
Second Cleanser : Dove Beauty Moisture Facial Foam
Tipe kulitku kering ya (pemilihan skincare disesuaikan dengan tipe kulit)
Lalu lanjut aku coba lagi pake natural republic sebagai pelembab (padahal kemarin kekeh ga mau tapi liat temen pake kulitnya bagus, tergiur lagi, ih dasar :( )

Bulan kedua kulitku mulai mengelupas, kering banget dan merah, disini aku ga paham apa yang terjadi, apakah ini detox tubuh dari perubahan tipe makananku atau ada hal lain, akhirnya aku menemukan fakta bahwa aku mengalami kerusakan skin barier di wajah. Skin barrier sendiri adalah lapisan pelindung kulit yang umumnya bisa rusak karena bahan kimia seperti merkuri. Tanda kalian mengalami kerusakan pada lapisan kulit adalah kalian merasa kulit kalian dehidrasi (kehilangan kelembaban), kering terkelupas, gatal, perih. Hal ini semakin membuat keadaan semakin memburuk, kehilangan penjaga lapisan kulit membuat kulitku semakin sensitif . Jika terkena matahari sedikit saja wajahku bengkak seperti orang yang terkena alergi dan itu gatal sekali, perih bahkan sempat ber-air. 

Kesalahan yang aku lakukan sehingga menyebabkan kerusakan barrier pada kulitku :
1. Tipe kulitku kering dan faktanya micellar water itu bersifat exfoiliate dan kemarin aku pakai micellar water rutin tiap pagi dan malam. Hal ini yang membuat lapisan kulitku semakin tergerus 

2. Setelah menggunakan micellar water harusnya aku memberikan kelembaban pada kulitku yang kering eh tapi aku malah hanya memberi kulitku natural repubilic yang nyatanya natrep itu hanya berfungsi sebagai calming agent di kulit dan bukan pelembab

Nah pada akhirnya aku mulai misi baru, masalah di kulitku bukan jerawat dan bruntusan lagi tetapi mengembalikan skin barier dan kelembaban kulit, intinya aku harus menambahkan skincare yang melembabkan di wajahku, karena sumpah, kondisi kulit ini sangat menyakitkan. Hingga akhirnya aku menemukan skincare pilihanku yang terbukti cocok di kulitku sampai sekarang

1. First cleanser : Viva milk bengkoang (aku menghindari kapas karena takut exfoliate) jadi pemakaiannya dioles ke wajah  terus agak dipijat pijat terus dibasuh pake air

2. Second Cleanser : Dove Beauty Moisture Facial Foam 
Setelah tahap 1, aku cuci waah dengan dove. Facial foam ini selain harganya murah juga ga membuat wajah ketarik setelah aplikasi dan melembabkan 

3. Oil : Rice brand oil / oil wajah apapun
Setelah selesai cuci wajah, aku aplikasikan oil di wajah sedikit saja 2 tetes lalu dipijat pijat supaya meresap

4. Hydrating tonner : Hadalabo Gokuyun moisture garis oranye
Setelah menggunakan oil tunggu sebentar lalu aku aplikasikan hydrating tonner ke wajah 2-3x lapis
tergantung kondisi kulit

5. Pelembab : Nivea biru
Nah ini penting sekali bagi kalian kulit kering, kulit berminyak juga butuh si tapi beda tipe pelembabnya ya, Nivea biru ini tipikal pelembab yang sangat rich, kalo kulit kalian normal saja mungkin kalian akan risih pakenya karena berat tapi pada saat itu, aku bisa aplikasikan sebanyak kira-kira 1 sdm di kulit wajah aku dan itupun masih ga berasa. bisa bayangkan seberapa kering dehidrasinya kulit aku pada saat itu. 

6. Water mask : Viva water drop sleeping mask
Setelah menggunakan pelembab kalo mau tidur aku pake sleeping mask dari viva. Ini harganya murah tapi hasilnya puas banget, bikin kulit adem sekali 

7. Sunscreen : Anessa UV perfet sunscreen
Sunscreen dipakenya siang aja ya. Nah sunscreen ini juga pemilihannya dilema karena aku banyak ga cocoknya dengan sunscreen tapi dengan kondisi kulitku pada saat itu, aku sangat butuh sunscreen. Untuk sunscreen sendiri ada 2 tipe chemical sunscreen dan physical sunscreen. Dan berdasarkan pencarianku di google rata rata pemilik kulit kering lebih cocok menggunakan physical sunscreen 

Kira-Kira pemakaian rutin 2-3 bulan, skin barier aku kembali tentunya dari dalam juga dibantu ya , minum air putih yang banyak, makan buah buahan. Alhamdulilah kulitku berangsur pulih. Yeayyyy. 
Satu lagi rahasia kulitku jadi lebih baik, tiap pagi aku cuci wajah pake air cucian beras. kalian harus cobain, rutin ya.

Perjalanan seseorang untuk mengatasi kulit itu berbeda-beda, ada yang cepat karena langsung menemukan skincare yang cocok, ada yang lama atau malah mengalami masalah lain, keputusan untuk menanggulanginya langsung ke dokter atau klinik kecantikan atau pasrah ya ada di tangan masing masing. Apapun masalahnya, kamu cantik kok. 

SEE YOU





0 comments:

Post a Comment

 

Oktarinamdp Template by Ipietoon Cute Blog Design